Rabu, 27 Februari 2013

Seiring dengan perkembangan zaman, rasa cinta kepada negara tercinta indonesia mulai surut. Banyak orang-orang terutama pemuda Indonesia lebih memilih budaya barat dibandingkan budaya Indonesia. Lantas apakah kita hanya akan tinggal diam mendengar hal ini ? Tentu saja tidak bukan?. Kita harus bisa membangkitkan rasa cinta tanah air dengan cara menanamkan rasa cinta tanah air pada anak khususnya remaja. Salah satu contoh yang dilakukan oleh anak SMK PGRI 2 PONOROGO kemarin pada saat pembukaan Ezpo Cup 2013 di GOR. Pada tanggal 24 februari 2013 menampilkan kesenian asli ponorogo. Ya reyog, itu merupakan salah satu upaya bagaimana mencintai budaya kita sendiri dan menanamkannya sejak dini. Mengapa menanamkan pada anak? hal itu sering dipertanyakan. Menanamkan rasa cinta tanah air pada anak sangat penting. Sebab jika kita sudah Menanamkan rasa cinta pada tanah air pada anak sejak dini, maka anak akan memiliki pegangan dan pandangan positif tentang negaranya. Menanamkan rasa cinta tanah air pada anak bisa dimulai dengan cara berikut ini :

- Mengenalkan Negara Indonesia pada anak. Hal ini merupakan hal yang paling utama untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak. Sesuai dengan kata pepatah, “ Tak kenal maka tak sayang ”. Jika seorang anak belum mengenal negaranya sendiri , bagaimana bisa dia akan cinta terhadap tanah airnya ? Oleh karena itu kita harus bisa memperkenalkan Indonesia beserta budayanya dengan baik kepada anak. Dengan demikian, setelah anak mengenal Tanah airnya sendiri maka mereka mulai bisa untuk mencintai tanah airnya sendiri.

-Memberi pelajaran tentang pancasila pada anak Hal ini adalah poin yang tak kalah pentingnya dengan poin diatas. Mengapa demikian ? Sebab Pancasila adalah ideologi dan dasar negara Indonesia. Nah dengan memberi pelajaran tentang pancasila pada anak, maka anak pun bisa mengetahui lebih dalam mengenai negaranya sehingga mereka bisa merasa lebih cinta pada tanah airnya.

- Mengenalkan anak pada budaya Indonesia Mengenalkan anak pada budaya Indonesia merupakan cara yang efektif untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak, sebab jika anak sudah mengenal bahkan mengetaui tentang budaya indonesia berarti anak itu sudah mencintai budaya tanah airnya dan anak itupun akan ikut menjaga dan melestarikan budaya Indonesia sehingga budaya Indonesia menjadi lebih aman.

- Mengajak anak untuk aktif dalam organisasi. Kita bisa menanamkan rasa cinta tanah air pada anak dengan cara ini. Anak yang melibatkan dirinya dlm organisasi, akan berusaha menjadi pribadi yang berguna. Inilah sebabnya, anak menjadi pribadi yang berinisiatif tinggi karena ia merasa diperlukan oleh organisasinya. Jika seorang anak sudah merasa bertanggung jawab pada sebuah organisasi, bukan tidak mungkin dia bisa bertanggung jawab pada tanah airnya.

- Mengajak anak untuk bermain permainan tradisional Hal ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Tapi hal ini juga bermanfaat untuk menanamkan rasa cinta tanah air pada anak. Sebab dengan cara ini, otomatis kita juga mengajak anak untuk mencintai budaya Indonesia · Berprilaku baik sebagai contoh cinta pada tanah air pada anak Selain memberi pendidikan dan pelajaran untuk cinta tanah air, kita juga harus berprilaku yang baik. Sebab, kita sebagai orang yang lebih dewasa secara otomatis memberi contoh pada anak melalui tingkah laku kita. Jadi kita harus bertingkah laku baik misalnya mentaati peraturan negara sehingga anak tersebut bisa mencontoh prilaku baik kita dan menjadi lebih cinta pada tanah airnya. Nah, dengan cara begitu kita bisa menanamkan rasa memiliki terhadap kebudayaan sendiri
Categories:

8 komentar:

  1. Pembukaan futsal bagus banget ,.sukses trus buat smk pgri 2 ponorogo ,..kita harus bangga dengan budaya kita ,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget , makasih atas perhatian dan waktunya .....

      Hapus
  2. penanaman budaya terhadap remaja sekarang itu sangat penting karena budaya kita saat ini mulai luntur dengan adanya budaya asing yang masuk ke dalam negara kita.....kita sebagai generasi muda harus mengembangkan dan melestarikan budaya kita sendiri...

    SUKSES buat SMK PGRI 2 PONOROGO
    TERBUKTI LEBIH MAJU



    by_ arek X TKJ 03

    BalasHapus
  3. kebudayaan yg mulai luntur dapat kita lihat dari berbagai sumber, salah satunya adalah kebudayaan dr luar yg membawa pengaruh bagi generasi mudah.. namun tidak hanya itu, sebenarnya kalau menurut saya yg paling mencolok adalah karena berkembangnya teknologi !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang kebanyakan salah satu penyebab budaya mulai luntur adalah faktor perkembangan teknologi..... sip matur thanks

      Hapus
  4. terbukti lebih maju

    BalasHapus
  5. noemer hpmu eendi rif.mbok apusi aq.kie noe hp ku 089667337036

    BalasHapus

  • 3th Anniversary Lomba blog Ganesha techno 2013 Admin www.sterida.blogspot.com mengucapkan
  • Categories

  • Blogroll

  • About